Outdoor Leadership


Leadership atau kepemimpinan adalah suatu kualitas yang misterius dan menjadi teka - teki sepanjang sejarah. Kepemimpinan adalah hal yang pokok bagi penggiat alam bebas karena ekspedisi perjalanan melewati alam bebas harus membuat keputusan mengenai sesuatu hal yang nyata. Berikut adalah kemampuan yang perlu dibina oleh seorang pemimpin di alam bebas dan yang harus secara konstan dikembangkan yaitu, competence, self - awarness, penilaian dan kemampuan memutuskan, toleransi pada kemalangan dan hal yang tak pasti, expedition behaviour, dan komunikasi.



  • COMPETENCE
    Seorang yang pandai dalam organisasi akan lebih efektif dijadikan pemimpin dalam perjalanan, tidak harus orang tersebut pandai dalam panjat tebing atau mendaki gunung.
  • SELF - AWARNESS
    Mawas diri seorang pemimpin tidak lain adalah mempunyai prasangka, ketakutan, dan kemampuan mempelajari dan juga bagaimana semua kualitas tersebut mempengaruhi keputusannya.
  • PENILAIAN DAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN
    Membuat keputusan haruslah bisa merefleksikan mengapa keputusan itu dibuat. Kemampuan untuk memutuskan hal yang terbaik untuk kelompoknya, serta juga harus mengambil keputusan secara cepat saat menghadapi suatu situasi yang kritis seperti misalnya anggota kelompok yang terpisah dan tersesat.
  • TOLERANSI PADA KEMALANGAN DAN HAL YANG TAK PASTI
    Pemimpin suatu ekspedisi alam bebas haruslah mempunyai mental kuat yang telah dipersiapkan untuk berhadapan dengan kemalangan dan hal - hal yang tidak pasti dalam perjalanan. Walaupun tidak mengetahui secara pasti penyelesaian suatu problem, ia tetap berusaha mencari jalan keluar saat tersesat atau menangani darurat medis. Tetap tenang dan bersikap penuh pertimbangan merupakan suatu penenang bagi anggota kelompok. Mungkin saja seorang pemimpin tidak mengetahui dimana posisi mereka berada, tetapi ia bisa tetap memelihara kepercayaan anggotanya dengan mengakuinya dan memulai rencana untuk kembali ke jalur pendakian yang benar, banyaknya pengalaman dengan hal - hal kemalangan yang muncul dengan banyaknya pengalaman saat berpetualang di alam bebas, maka akan memberikan orang tersebut rasa percaya diri dan membuatnya lebih bisa bekerjasama dengan kelompoknya dan menyelesaikan dengan segera.
  • EXPEDITION BEHAVIOUR
    Ini erat hubungannya dengan kemampuannya dalam mendesain atau merencanakan sebuah perjalanan dengan baik dan terperinci. Expedition behaviour yang baik sangat penting bagi efektivitas kepemimpinan.
  • KOMUNIKASI
    Pemimpin yang baik adalah komunikator yang juga baik. Untuk memulai komunikasi yang baik, pemimpin haruslah memberitahukan kelompoknya apa yang ia harapkan oleh kelompoknya, cara penyampaian kepada anggota kelompoknya akan mempengaruhi hasil feedback dari anggota kelompoknya.

Langkah–Langkah Untuk Self–Leadership
- Bertanggungjawablah pada diri anda.
- Bertanggungjawablah pada apa yang anda pelajari.
- Tahu resiko perkataan .
- Miliki apa yang anda katakan.
- Jika perlu melakukan sesuatu, lakukanlah!
- Jika tidak mengerti, tanyakan!
- Nikmati sekeliling anda.
- Peliharalah rasa humor.
- Bantulah yang lain untuk belajar dan sukses.
- Berbaik hati.
- Dorong semangat anda.
- Terimalah kesalahan anda.
- Jika ada hal yang tidak aman untuk kelompok anda, jangan lakukan!
- Partisipasi dan observasi.
- Belajarlah dari pengalaman.

No comments

Powered by Blogger.