Sekilas Tentang Urindo Mengajar


Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penuntun umat manusia dalam menjalani hidup, dan sekaligus untuk memperbaiki nasip dari peradapan manusia. Tanpa pendidikan, maka diyakini bahwa manusia sekarang tidak berbeda dengan generasi manusia masa lampau, yang dibandingkan dengan manusia sekarang, telah sangat tertinggal baik kualitas kehidupan maupun proses-proses merancang masa depannya. Secara kasar dapat dikatakan bahwa maju mundurnya atau baik buruknya peradaban suatu masyarakat atau bangsa ditentukan oleh bagaimana pendidikan yang dijalani oleh masyarakat bangsa tersebut. Pendidikan juga merupakan tumpuan setiap bangsa dalam meraih masa depannya, bahwa pendidikan bertujuan untuk memberi bekal moral, intelektual, dan keterampilan kepada anak manusia agar mereka siap menghadapi masa depannya dengan penuh percaya diri. Selain itu pendidikan merupakan usaha sadar yang memiliki tujuan, yang tentunya memiliki suatu landasan.


Terkait pendidikan di Indonesia, yaitu janji kemerdekaan negara kita yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, janji itu adalah janji kita semua. Hanya ada sebagian dari wilayah Indonesia yang pendidikannya sudah telunasi oleh janji kemerdekaan Indonesia. Dengan pendidikan yang mereka dapat semoga mencapai kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarganya. Tetapi, tidak sedikit saudara kita yang masih menunggu lunasnya janji itu. Mereka belum mendapat pendidikan yang layak belum terangkat kehidupan ekonomi dan sosialnya. Sebut saja beberapa daerah disudut negeri ini seperti, Kalimantan, Flores, Sulawesi, Papua dll. Kondisi mereka sangat jauh dibandingkan dengan kita yang berpendidikan dikota, belajar dengan fasilitas gedung yang tebaik, komputer memadai, perpustakaan yang lengkap dan bahkan dilengkapi dengan internet. Masih banyak yang tidak bisa saya sebutkan bahkan kondisi mereka jauh seperti apa yang seperti saya bayangkan.




A photo posted by kasmin arif ratuloli (@kasminarif) on
Berangkat dari kondisi pendidikan Indonesia yang masih sangat kurang saya dan kawan – kawan Universitas Respati Indonesia ingin membentuk sebuah organisasi relawan yang bergerak dibidang pendidikan. Relawan pendidikan ini kita sebut dengan URINDO MENGAJAR. Waktu itu saya sadar bahwa membentuk sebuah organisasi ini tidak mudah, kita memperlukan sebuah sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, cerdas, cekatan, loyal, & total. Itu baru di SDM belum lagi soal dana atau duit. Waktu itu saya hanya menggandeng BEM URINDO untuk dijadikan salah satu program kerjanya maka dari situ saya mendapat anggaran yang lumayan untuk memulai organisasi ini. Setelah itu saya mencari sebuah target siswa atau sekolah yang akan kita berikan sedikit ilmu, pengalaman dari kuliah kita yang dikemas dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oelh siswa sekolah dasar.



1 comment

Jasa Pembuatan Website Toko Online said...

Kalau saya ingin jadi member Urindo bagaimana kang? Lumayan bisa membantu tenaga pelajar di pelosok Indonesia. Kasihan mereka tak mendapat pendidikan yang layak. Mohon informasinya kang :) Terima kasih :D

Powered by Blogger.