11 Aplikasi Android Yang Wajib Di gunakan Mahasiswa


Smartphone dengan sistem operasi android merupakan pilihan yang digemari oleh kebanyakan orang khususnya mahasiswa. Selain harganya murah handphone pintar ini memiliki ribuan pilihan aplikasi yang di kembangkan secara bebas oleh semua orang. Berbagai pilihan aplikasi di dalamnya yang dapat kita download secara gratis dan kita manfaatkan untuk kehidupan kita.

Kali ini anakkampoes.com akan membahas beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat untuk digunakan oleh mahasiswa. Aplikasi yang kita sebutkan merupakan pilihan yang berguna untuk kehidupan mahasiswa mulai dari ruang lingkup kuliah hingga anak kost.

Berikut 11 Aplikasi android yang wajib digunakan oleh mahasiswa.

1. Google Drive

Aplikasi ini merupakan tempat yang aman untuk menyimpan semua file kamu dan mudah diakses dari manapun. Ketika kamu mengerjakan tugas atau skripsi kamu bisa simpan di google drive agar file tersebut aman.

Ketika kita menyimpan file penting di hardisk atau flashdisk ada kemungkinan penyimpanan tersebut akan rusak. Dan ada baiknya kamu menyimpan file-file penting di penyimpanan online.

Google drive ini bukan hanya menyimpan file - file dokumen tapi dapat menyimpan file seperti video, foto, dll. Yang lebih penting lagi penyimpanan ini memberikan 15 GB secara gratis.


2. Google Translate

Google translate atau google terjemahan merupakan aplikasi yang berguna buat mahasiswa yang kurang mengerti bahasa inggris atau bahasa lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline maupun online.

Aplikasi ini dapat menerjemahkan bahasa dalam mode kamera.dan mode percakapan.

3. Anggaran Cepat - Pengeluaran

Aplikasi ini berguna untuk memantau dan memeriksa keuangan atau pengeluaran harian mahasiswa. Biasanya mahasiswa sangat susah untuk mencatat dan mengelola keuangan mereka. Dengan aplikasi ini mahasiswa atau anak kost dengan udah mencatat pengeluaran keuangan dan dapat melihat grafik pengeluaran secara langsung. Kamu bakal tau pengeluaran mana yang lebih besar bulan ini.



4. WPS Office

WPS Office merupakan aplikasi dengan rangkaian office gratis. aplikasi smartphone ini sangat membantu mahasiswa untuk membuat, melihat, serta mengedit dokumen offfice.

Saat kepepet untuk mengumpulkan tugas dosen kamu bisa mengakses aplikasi kamu di smartphone tanpa harus repot mencari laptop. aplikasi ini mempunyai kompatibilitas dengan microsoft office (word, power point, excel dan txt), google docs, sheets, slide dan PDF, adobe PDF.


5. Wikipedia

Siapa yang tidak tau dengan wikipedia ? sebuah website ensiklopedia yang berisi ilmu pengetahuan. Hal yang wajib dilakukan mahasiswa adalah menginstal aplikasi ini di smartphone mereka.

Dengan aplikasi ini mahasiswa dengan mudah mencari, menemukan dan menggali pengetahuan di wikipedia. Dan terkadang mahasiswa menjadikan wikipedia sebagai referensi untuk menjawab berbagai tugas dari dosen.

Lebih dari 39 juta artikel dalam hampir 300 bahasa menjadikan wikipedia sebagai referensi yang wajib digunakan.


6. KBBI

KBBI singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan aplikasi yang juga bermanfaat untuk seorang berpendidikan. Menjadi sebuah rujukan utama bahasa Indonesia yang baku.

aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet. Aplikasi yang di unduh secara gratis ini juga menjadi patokan mahasiswa akhir untuk mengerjakan skripsi atau laporan akhir. Dalam pembuatan skripsi atau laporan akhir setiap tulisan wajib menggunakan bahasa Indonesia yang benar.


7. iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook.

Dengan adanya aplikasi ini mahasiswa dapat meminjam dan membaca buku secara digital dimanapun dan kapanpun. Dan mahasiswa dengan mudah mencari referensi buku untuk mengerjakan tugas maupun skripsi (tugas akhir).



8. Todoist

Todoist merupakan aplikasi untuk kehidupan seseorang super sibuk. Aplikasi yang berfungsi untuk mencatat hal - hal penting setiap harinya. Selain untuk mencatat aplikasi ini juga dapat mengingatkan disetiap harinya, pada hal - hal yang penting khususnya.

Dengan adanya aplikasi ini mahasiswa tidak akan melewatkan hal - hal penting mulai dari tugas dosen hingga bayar kos-kosan.

9. Beasiswa Indonesia

Beasiswa Indonesia adalah aplikasi yang tehubung ke website INDBEASISWA, situs yang menyediakan informasi beasiswa terbaru yang di kelola oleh suatu team yang peduli akan pendidikan generasi muda bangsa Indonesia.

Dengan aplikasi ini mahasiswa akan mudah mendapat informasi beasiswa di seluruh Indonesia. Aplikasi ini sekedar informasi dan sisanya tergantung mahasiswa.


10. Gudang Skripsi

Aplikasi gudang skripsi merupakan aplikasi pencari judul skripsi, tugas akhir, tesis, dan jurnal. saat ini aplikasi ini memiliki koleksi lebih dari 600.000 referensi judul karya ilmiah.

Aplikasi ini sangat membantu bagi mahasiswa akhir yang bingung dalam menentukan judul skripsi atau laporan akhir.


11. Mami kost

Mahasiswa dan kos - kosan, dua hal yang selalu berhubungan. Kebanyakan mahasiswa pasti ingin merasakan mandiri atau mempunyai kos pribadi.

MamiKos merupakan aplikasi yang menyajikan data kost. Aplikasi ini dilengkapi dengan foto hingga fasilitas kamar kos. Dengan adanya aplikasi ini kedua belah pihak diuntungkan, Mahasiswa dengan mudah  mencari kost dan pemilik kos dengan efektif mempromosikan kamar kosnya.




Sumber : anakkampoes.com


No comments

Powered by Blogger.